Rabu, 14 Maret 2018

Kisi-kisi Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Harga Server unbkSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi sebuah faktor penting yang mempertimbangkan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih tipe server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan dipakai untuk kebutuhan high, sedang, atau cuma digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat mempertimbangkan model server yang sesuai untuk usaha  Anda.

Kisi-kisi Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, model server dibagi ke dalam 4 kategori, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server model ini umumnya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang ramping dan gampang diletakkan pada rak server.
Model server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna computer antara 20 sampai 100 orang dapat menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server tipe entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan besar. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server jenis ini memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu mengaplikasikan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah jenis server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berakibat pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar