Minggu, 18 Maret 2018

Tips Memilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda

PC Server TerbaikDikala mulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi satu elemen utama yang menentukan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang harus dipikirkan pertama kali sebelum memilih macam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau cuma digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di permulaan, Anda kemudian baru dapat memastikan jenis server yang sesuai untuk jasa  Anda.

Tips Memilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda


Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki keunggulan tersendiri jika diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu memakai penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, web kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak menampung pekerjaan pemakai atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar