Jumat, 23 Maret 2018

Metode Pilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaPada saat memulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut dapat menjadi sebuah unsur utama yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang patut dipikirkan pertama kali sebelum menentukan variasi server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Metode Pilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Apakah server akan diterapkan untuk keperluan rumit, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan macam server yang layak untuk usaha  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 golongan, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang ramping dan mudah diletakkan pada rak server.
Tipe server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai laptop antara dua puluh hingga 100 orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa melaksanakan sebagian tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengontrol cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga bisa menampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri kalau diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menerapkan penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, web berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap saat.
Memilih server yang tepat akan berimbas pada performa usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi kerja user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar