Minggu, 18 Maret 2018

Metode Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorDikala mulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi salah satu unsur prioritas yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan macam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau sebatas diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat menentukan macam server yang layak untuk usaha  Anda.

Metode Menentukan Tipe Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 bagian, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server model ini umumnya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna pc antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai daya cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa melakukan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, membatasi metode pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga dapat menampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang dengan besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server jenis ini memiliki keunikan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat mengaplikasikan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server paling tinggi. Server ini bisa menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang optimal agar server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berakibat pada performa bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar