Rabu, 14 Maret 2018

Tips Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaSaat memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal ini dapat menjadi suatu faktor penting yang memutuskan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Menurut yang harus dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih tipe server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan rumit, sedang, atau hanya diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan tipe server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Tips Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat klasifikasi, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server macam ini umumnya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diaplikasikan sebab bentuknya yang ramping dan gampang diletakkan pada rak server.
Jenis server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah user pc antara 20 sampai seratus orang dapat memilih server model ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai energi back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara bersamaan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang metode pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga bisa menampung lebih banyak data saat perusahaan berkembang dengan pesat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server model ini memiliki keistimewaan tersendiri kalau diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menerapkan penyuplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, web berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari seribu user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang maksimal agar server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berakibat pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar