Jumat, 23 Maret 2018

Trik Memilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaKetika mulai merintis layanan startup jangan pernah meremehkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal tersebut bisa menjadi suatu unsur prioritas yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang wajib dipikirkan pertama kali sebelum memilih tipe server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan high, sedang, atau hanya digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan model server yang layak untuk usaha  Anda.

Trik Memilih Model Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda



Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan mudah diletakkan pada rak server.
Model server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna laptop antara dua puluh sampai 100 orang dapat memilih server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan suplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat menampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu mengaplikasikan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka kalau ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Jenis server ini cocok untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web berita, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan model server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi pekerjaan pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar